Membangun Gerakan Berbasis Kerelawanan

Relawan merupakan orang yang membantu sesama dengan ikhlas,  ia menyumbangkan tenaga, pikiran dan waktunya untuk membantu tanpa meminta imbalan atau bayaran. Menjadi relawan adalah panggilan kemanusiaan, bergerak bukan karena mencari uang atau jabatan, melainkan berdasarkan hati. mereka yang pernah menjadi relawan pasti akan ketagihan dan ingin melakukan kegiatan kebaikan lagi, karena ada sesuatu yang membuat mereka bahagia. 

nah selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun Gerakan Berbasis Kerelawanan, diantaranya:

Pertama, Fokus pada penyelesaian masalah. Saat kamu ingin membuat sebuah gerakan, maka hal utama yang perlu diperhatikan ialah masalah apa yang ingin diselesaikan. misalnya gizi buruk, kemiskinan, kelaparan, dan lain sebagainya.

Kedua, Inovasi Ide untuk menyelesaikan masalahnya. Inovasi Ide dalam hal ini ialah proses mengubah suatu masalah ke dalam bentuk solusi yang kongkret untuk menyelesaikannya.

Ketiga, Kolaborasi adalah Kunci. Kolaborasi merupakan bentuk kerjasama antar orang, organisasi atau lembaga. Banyak pihak yang bisa diajak kolaborasi dalam gerakan sosial, baik itu perorangan atau kelembagaan. tujuan kolaborasi adalah memudahkan untuk mencapai visi yang ingin diraih. Salah satu contohnya ialah kolaborasi dengan teman, organisasi, publik pigur atau orang yang berpengaruh. 

Keempat Pertanggungjawaban. Gerakan tak hanya sekedar menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat, ada hal yang harus kamu lakukan setelah itu. yaitu memastikan donatur/penyumbang dana mengetahui bahwa apa yang mereka donasikan sampai ke tangan penerima manfaat. caranya sederhana, memberikan bukti dokumentasi kegiatan baik foto maupun tulisan tentang kegiatan yang kamu lakukan. alangkah baiknya memang jumlah donasi dan penyalurannya pun bisa di report dalam bentuk sebuah file dan diakses oleh donatur. tujuannya untuk memupuk trash atau kepercayaan agar kedepannya mau membantu lagi. 

Kelima Personal Branding, ialah proses pemasaran diri atau brand. dalam hal ini yang dimaksud dengan personal branding merupakan sebuah proses untuk mengenalkan gerakan kerelawanan yang kita lakukan kepada masyarakat, tujuannya agar orang mengetahui dan ikut kegiatan kita. ada dua keuntungan dari personal branding, yaitu orang akan mengetahui tentang gerakan kita dan orang akan percaya dengan apa yang kita lakukan. Tujuannya semakin kuat branding kita, maka semakin banyak orang percaya dan tergerak hatinya untuk bergerak bersama.

Keenam kekuatan tim. saat kamu melakukan sebuah gerakan sosial, hal yang perlu diperhatikan ialah tim yang solid. tim bisa direkrut dari teman sepermainan, recruitment terbuka dan lain sebagainya. semakin banyak yang menjadi tim dalam sebuah gerakan, maka semakin mudah untuk mencapai tujuan. yang terpenting setiap anggota perlu memahami apa yang mereka kerjakan dan tujuannya. dalam hal ini kita bertanggung jawab terhadap apa itu sangat penting. 

Semoga apa yang ditulis dapat memberikan manfaat untuk pembaca, kritik dan saran dari pembaca sangat dibutuhkan oleh penulis agar bisa meningkatkan kemampuan menulis. 

____________________
Penulis bernama Aldi Reihan, saat ini ia dan teman-temannya sedang membuat sebuah gerakan berbasis kerelawanan, yaitu Gerakan 1.000 Senyum untuk Anak Banten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil ReliQ

Bercerita dengan menggunakan media buku dan boneka di TBM Awan

2 Tahun Fino Badut Berbagi Keceriaan, Jadikan Momentum untuk Berkolaborasi